Yuk Move On !

Posted by Balqis putika on 5:14 PM with No comments


Assalamu’alaikum di postingan kali ini In Shaa Allah aku akan berbagi tips tips nih mengenai bagaimana cara untuk cepat move on. Memang aku bukanlah ahli percintaan tetapi mudah mudahan postingan ini membantu. Hope u enjoy read my post. Let’s read …


Aku memposting artikel ini karena aku mendengar banyak sekali kisah dari para teman teman ku yang sulit sekali untuk melupakan seseorang yang berwujud mahkluk itu(doi).  Mulai dari mengatakan “aku tuh gamampu menjalani hidup tanpa dia” “sekarang sudah gaada yang nyemangatin aku lagi” “beban aku terlalu berat sekarang kalau dulu ada dia yang menghibur aku” “ternyata aku gamampu menjauhi dia”. Wah wah rumit sekali bukan ? ane sih jawabannya sama meskipun ceritanya berbeda beda tetapi permasalahannya sama ya itu “Difficult to Move On”.



“Move on” sebuah kata yang tak asing dipendengaran yang bermakna meninggalkan atau melupakan. Siapakah konsumen “Move On” Iyaaaap tentu saja kaula muda para remaja yang masih berusaha menemukan jati dirinya. Terkadang kaum remaja mengikuti alur disekitar lingkungannya. Sehingga secara tidak sadar terjerumus kearah yang tidak baik, Naudzubillah.


Simulasi “Move On”! seorang remaja biasanya mendalami perannya di dunia Move On ini ketika ia baru saja putus dari seorang kekasih, menjadi korban friendzone, menjadi korban PHP, dan masih banyak lagi. Benar bukan ?
Tau gak sih kenapa rata rata remaja yang berusaha “Move On” Ini mengalami kegagalan? Karena terlalu BAPER (bawa perasaan) hehe. Bukan bukan aku hanya bercanda. Okay maafkan aku yang terlalu garing fix itu gak lucu ya.

Dikarenakan para remaja ini tidak kreatif. Kenapa tidak kreatif ? Karena mereka memiliki Visi ingin move on tetapi mereka tidak memiliki Misi atau mungkin memiliki Misi namun tidak konsisten dengan Misi tersebut terlalu mudah terjebak oleh nafsu. Terlalu terpaku dengan lingkungannya tidak melihat ke arah lain hanya focus pada kata “Move On” saja namun ia lupa dengan kata “Move Up”(berhasil).

For Example! baru saja kemarin mengatakan “gue sakit hati banget sama dia, gue harus ngelupain dia. Dia bukan yang terbaik buat gue Allah pasti lebih tau itu, gak ada gunanya gue mikirin dia, dia aja gak perduli sama gue, mulai detik ini gue “Move On”. Keesokan harinya ternyata doi BBM “hai” eh langsung meleleh dan hanyut deh Visi “Move On” itu

 Plisss “hai” itu hanya satu kata tiga huruf, aku juga bisa bilang hai ke kamu bukan cuma doi doang. Masa hanya karena tiga huruf itu dapat menghancurkan dinding Visi mu. Itulah salah satu contoh kegagalan ramaja saat “Move On” sangat mudah terjebak oleh nafsu.

Tips Move On versi aku adalah “UPI”. I mean UPI (Ubah,Pasrahkan,Ikhlaskan) In Shaa Allah dengan tips ini akan membantu kalian menyelesaikan masalah kegagalan “Move On”.
1.UBAH
Change your habits! Ubahlah kebiasaanmu! Namun perubahan ini harus diiringi oleh Niat yang kuat ya karena segala sesuatu berasal dari Niat. Mulailah dari 30 hari! Apa yang harus dirubah ? Kebiasaan yang harus dirubah pertama adalah menghindarkan

A.     Nge-stalk doi

Hentikan kegiatan Nge-stalk doi nya. karena akan membuat baper, membuat kamu lagi lagi terjebak oleh nafsu.

B.  Waktu

Gunakan waktu mu untuk kegiatan yang lebih bermanfaat, yang biasanya hanya melihat layar handphone saja sambil ketawa ketawa sendiri atau kesal sendiri lebih baik kamu gunakan fasilitas handphone itu untuk yang lebih berguna seperti Berdakwah di Social Media. Sudah Ketinggalan zaman kalau kamu masih menggunakan Social Media hanya untuk update status yang galau galau lebih baik berdakwah! Hati tenang Pahala nya juga dapat In Shaa Allah.

 Lalu memanfaatkan waktu untuk Mengikuti Seminar,Membaca Al-Quran,Membaca Buku,Dzikir,Shalawat, Dan masih banyak lainnya. Open your eyes, Lihatlah kearah lain jangan terpaku pada satu titik. Karena semakin banyak kegiatan yang kamu jalankan semakin jauh doi dari fikiran kamu. Trust me ! Cintailah ALLAH seperti ALLAH mencintai kamu.

Dimulai dari 30 hari! I mean something will be your habits when  u success change your habits for thirty day.  Sesuatu akan menjadi kebiasaan ketika kamu berhasil melakukan kegiatan itu selama 30 hari. Yuk coba Ubah kegiatan kamu lalu kamu tandakan hari pertama berhasil tidak hari kedua gagal atau tidak begitu pula di hari hari berikutnya. Ketika semisal kamu melakukan metode ini namun pada hari ke 15 kamu gagal. Ulang kembali hari ke 16 kamu menjadi hari pertama lagi, karena selama 30 hari itu kamu tidak boleh gagal.

For Example! Kamu ingin berhenti nge-stalk doi. Lakukan itu selama 30 hari kamu harus menahan nafsu kamu untuk tidak Nge-stalk doi. Kalau kamu gagal You Must Repeat again and again. Ulang kembali sampai 30 hari itu benar benar kamu capai. Percaya atau tidak ketika hari ke 31 Semisal doi men-Chat kamu perasaan kamu sudah berbeda karena kamu sudah meng-azamkan untuk melupakannya. Aku pernah mencoba metode ini kok hehe In Shaa ALLAH berhasil

2. Pasrahkan

          Jangan berusaha menghilangkan perasaan cintamu pada dia tetapi pasrahkan segala perasaan mu diatas bentangan sajadah di hadapan-Nya mencurahkannya melalui doa!

          Karena disetiap kamu berusaha menghilangkan perasaan itu pasti ada proses mengingat. Ketika proses mengingat itu berjalan secara tidak langsung terbesitlah kenangan kenangan indah bersama dia. Maka semakin sulit kamu dapat melupakan persaaan itu. Akhirnya kamu menumpahkan rasa kesal itu melalui air mata ketika kamu melihat kenangan itu, Ma Shaa Allah sudah tidak zaman mata sembab hanya karena doi. Sedang dosa tak pernah kau ingat dan kau tangisi.

          Allah menjauhkan dia dari kamu karena Allah sayang kepada kamu. Ia tidak ingin melihat kamu terlalu lama melakukan maksiat sedangkan azal bisa saja datang kapanpun tanpa sepengetahuan kita.

Bersyukurlah atas nikmat yang Allah berikan. Meski terlihat sulit tetapi percayalah Allah akan menuntun disetiap proses kita. Hidup jangan hanya stuck pada satu posisi dan selalu mengulang kegiatan yang sama. Ketika kamu sudah merasa pacaran itu menyakitkan dekat dengan non mahram itu menyakitkan diberikan harapan palsu itu tidak enak yasudah tinggalkan kegiatan itu biarlah itu menjadi sebuah pengalaman hidup kamu dan jangan mengulangnya kembali.

Karena itu Manis Diawal pahit diakhir. Tak jarang seseorang bunuh diri karena cinta. Open your eyes Allah menanugrahkan Cinta itu sebagai fitrah suci setiap manusia, wajar apabila kita merasakan jatuh cinta wajar bila kita merasakan cemburu itu semua memang fitrah tetapi cobalah menjaga kesucian cinta itu jangan sampai menjadi sebuah fitnah yang kotor.

Pasrahkan perasaanmu bukan memaksakan hatimu untuk menghilangkan perasaan itu. In Shaa Allah berhasil.

3. Ikhlaskan

Ini adalah cara terakhir dari metode “Move On” versi aku. Ikhlaskan, kalau tadi ada pasrahkan sekarang waktunya kamu untuk mengikhlaskan segala perasaan kamu.

Jika kamu sudah berusaha semampu kamu melakukan dua metode tersebut namun ia masih berada difikiranmu bersegeralah konsul. Kepada siapa? Iyaaa kepada Allah. Berdoalah “Ya Allah apabila perasaan ini hanyalah sebuah nafsu dan tidak mendatangkan hal baik apa apa maka hilangkanlah perasaan ini dari hatiku namun apabila perasaan ini benar benar cinta maka jagalah hatiku untuk tidak menyalahgunakan fitrahmu dan tidak terlalu berlebihan mencintai Makhlukmu dibandingkan mu Ya Rabb.

Ikhlaskan segala perasaan mu. Karena definisi Mencintai Karena Allah adalah “Apabila ia berlaku lembut kepadamu maka perasaanmu tetap dan tidak berubah dan Apabila ia berlaku kasar kepadamu perasaanmu pun tetap dan tidak berubah”. Itulah definisi nya mencintai dalam keadaan yang stabil tidak berlebihan.


Sudah cukup pembahasan metode UPI ini. Yuk sama sama belajar mencintai Allah sebagaimana ia tidak pernah berhenti mencintai hambanya. Maafkan apabila kata kata diatas ada yang membuat hati para pembaca terkikis maksudnya menyinggung, karena yang benar hanya datang dari Allah dan yang salah datang dari saya. Sekian artikel “Tips Move On” Ini semoga bermanfaat dan membantu ya.  Wassalamu’alaikum.